Piala Presiden: Persebaya Surabaya Ditahan Bhayangkara FC, PSIS Semarang Pesta Gol

By ommed


nusakini.com - Persebaya Surabaya gagal mempertahankan keunggulan setelah dipaksa bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC dalam pertandingan perdana mereka di Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Senin (13/8) malam WIB.

Persebaya dan Bhayangkara FC mengawali pertandingan dengan tempo sedang, dan hanya berusaha mencari celah di pertahanan lawan masing-masing. Pada menit ke-19, Ahmad Nufiandani mengancam gawang Bhayangkara FC, tapi sepakannya dapat diblok kiper Awan Setho Raharjo.

Bhayangkara FC mencoba merespons serangan Persebaya. Hanya saja, pertahanan solid yang dikembangkan Persebaya membuat mereka menemui kesulitan, sehingga skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Tempo pertandingan antara Persebaya dan Bhayangkara FC mengalami peningkatan di babak kedua. Persebaya akhirnya mampu membuka keunggulan lewat serangan balik cepat di menit ke-64. Brylian Aldama menggiring bola, dan selanjutnya memberikan umpan kepada Nufiandani untuk menjebol gawang Bhayangkara FC.

Di saat bersiap menyambut kemenangan, gawang Persebaya justru kebobolan di injury time. Anderson Salles memanfaatkan miskomunikasi barisan belakang Persebaya untuk memaksa pertandingan berakhir imbang 1-1.


Sementara pada pertandingan yang berlangsung sore hari di Stadion Manahan Solo, PSIS Semarang mengawali perjalanan di Grup A dengan hasil meyakinkan dengan menggulung Persita Tangerang 6-1.

PSIS membuka keunggulan ketika laga berjalan 16 menit memanfaatkan kesalahan barisan belakang PSIS. Carlos Fortes mencoba menyontek bola, tapi dapat dipatahkan Dede Sulaeman. Namun bola muntah disambar Oktavianus Fernando ke arah gawang kosong.

Mahesa Jenar membuka keunggulan ketika Fortes yang hanya berhadapan dengan kiper sukses menjebol gawang Persita di menit ke-36. Selang lima menit kemudian, Fortes memberikan assist kepada Taisei Marukawa untuk memastikan keunggulan 3-0 di babak pertama.

Setelah kehilangan Israel Wamiau menjelang babak pertama akibat kartu merah, Persita berada dalam tekanan. PSIS pun memperlebar keunggulan menjadi 4-0 pada menit ke-52 melalui Hari Nur Yulianto.

Selang tiga menit kemudian, Persita sempat memperkecil ketertinggalan melalui penalti Ramiro Fergonzi. Namun Fortes mencetak brace di menit ke-79 sebelum akhirnya Rachmad Hidayat memastikan PSIS meraih kemenangan 6-1 menjelang laga berakhir. (gi/om)